WhatsApp Image 2021-09-28 at 15.02.33

drh. Atira Ahmad

Sosok Dokter Hewan yang Tangguh, Cerdas & Paripurna

Kita mungkin sudah familiar dengan Profesi dokter hewan atau veteriner. Meskipun, masih banyak dari masyarakat kita yang missleading dengan konsep veteriner ini sebagai sosok yang hanya bertugas sebatas menyembuhkan hewan yang sakit saja. Padahal secara umum seorang dokter hewan juga bertugas dalam pencegahan penyakit hewan, berupa pemeriksaan rutin, vaksin, scalling gigi hewan dan sebagainya. Layaknya dokter untuk manusia, seorang dokter hewan harus siap jika diminta untuk menangani kasus serius pada hewan seperti patah tulang, operasi penyakit dalam seperti tumor dan kista. Dalam kasus dan situasi tertentu, seorang Dokter hewan juga berperan besar dalam penanganan penularan penyakit dari hewan ke manusia (zoonotik), seperti rabies, antraks, dan terbaru tentang adanya dugaan kemungkinan penularan virus covid-19 dari hewan ke manusia yang kemudian pada akhirnya dibantah oleh para veteriner dan pihak terkait lainnya.

Sampai dengan tahun 2021 ini, terhitung hanya ada 20.000 orang dokter hewan di Indonesia. Jumlah ini sangat sedikit jika dihitung dengan jumlah kebutuhan dokter Hewan Indonesia yang hampir 70 ribu orang. Artinya, posisi ini masih amat sangat langka dan sangat dibutuhkan di Indonesia.

drh. Atira Ahmad atau yang akrab disapa dr. Atira, merupakan salah satu dari 20.000 veteriner aktif yang ada di Indonesia saat ini. Berlatar belakang dari keluarga dokter, drh, Atira banyak terinfluence dalam hal pengobatan dari keluarganya. Akan tetapi, berbeda dari keluarganya yang kebanyakan berprofesi sebagai dokter manusia, drh. Atira memilih untuk mengabdikan dirinya dalam dunia pengobatan hewan khususnya technical representative yang biasa menangani perunggasan, hewan besar, dan pet animal. Sebuah profesi yang cukup menantang untuk dilakoni oleh seorang Wanita.

Lalu, mengapa memilih menjadi dokter hewan?

“Dokter hewan merupakan pekerjaan mulia dalam agama Islam. Hewan juga makhluk hidup seperti manusia serta pantas mendapatkan kasih sayang dan perlindungan.  Bahkan banyak hadits yang menjelaskan betapa mulianya perbuatan menolong hewan. Tidak hanya itu saja, peluang bisnis di bidang kedokteran hewan cukup besar,” ungkap isteri dari Ir. Alan Maulana ini.

Sejalan dengan profesinya sebagai seorang dokter hewan tersebut, drh. Atira kini menjadi founder sekaligus CEO dari Wmbsatwaclinic. Terhitung sampai detik ini sudah terdapat 7 cabang dari Wmbsatwaclinic yang bernaung di bawah PT. Wina Mega Berlian Indonesia yang kini beroperasi di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bogor, Cibubur, Makassar, dan menyusul kota-kota besar lainnya. Kini beliaupun melebarkan sayap dalam pengelolaan unggas, pakan, obat-obatana dan turunannya di dalam brand WMB mart.

Kunci kesuksesan drh. Atira tidak terlepas dari kesadarannya dalam mengoptimalkan potensi diri sebagai seorang Muslimah sejati. “Ikhitar dan berusaha disertai taqwa kepada Allah SWT. Selalu minta ridha dari suami, orang tua serta anak. Kemudian jangan lupa selalu menjaga kejujuran, kepercayaan, dan memuliakan sesama manusia,” tuturnya. Dalam menjalani kehidupannya sehari-hari, drh. Atira amat sangat terinspirasi dari Sosok istri pertama Nabi Muhammad SAW, yaitu Khadijah binti Khuwailid.  “Khadijah R.A merupakan sosok seorang wanita tangguh. Beliau adalah seorang pengusaha kaya raya dan sangat dermawan. Kemauan berkorbannya sangat tinggi sebagai seorang istri, meskipun sesungguhnya Beliau adalah seorang wanita pemberani yang bahkan mampu mengalahkan laki-laki. Nabi Muhammad SAW bahkan menyatakan bahwa khadijah adalah seorang ahli surga dan wanita pertama yang masuk surga,” jelasnya.

Menjadi Wanita yang Pintar & Cerdas

Sebagai seorang dokter hewan, dokter hewan cantik kelahiran Watampone, Bone, Sulawesi Selatan, 24 September ini, ingin membuktikan bahwa wanita Indonesia adalah wanita yang tangguh, cerdas, dan paripurna. “Wanita Indonesia tidak cukup hanya pintar. Tapi juga harus cerdas. Artinya bisa mengaitkan antara fakta sehingga bisa menggunakan aturan hidupnya sesuai kehendak Sang Pencipta, yaitu Al-Qur’an. Wanita Indonesia WAJIB mandiri tangguh, cerdas, dan paripurna dalam berkarir. Namun, Wanita Indonesia sejati tentu saja tidak melupakan fitrahnya sebagai seorang perempuan. Kita harus bisa mendukung potensi suami dan anak serta bisa menjadi madrasah untuk anak-anak kita,”imbuh ibu dari Nadira Maulana dan Winanti Maulana ini.

    

Tips  Sehat  Di Masa  Pandemi

–           Batasi mobilitas dan di rumah saja

–           Konsumsi makanan sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh

–           Kurangi konsumsi alkohol

–           Aktifitas fisik 30 menit/hari

–           Jika bekerja di rumah, setiap duduk 30 menit, istirahatlah

–           Stop merokok

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *