dr. eche 3 - 1

dr. Idrianti Idrus SpKK, M.Kes

Disiplin & Positive Vibes

Besar dan lahir dari keluarga dokter, menjadikan dr. Idrianti Idrus SpKK, M.Kes memiliki passion yang sama untuk menjadi seorang dokter. Putri dari seorang Guru Besar Kedokteran ini, kemudian memutuskan untuk menjadi dokter dan melanjutkan studi hingga menjadi seorang Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

“Sejak kecil passion saya adalah menjadi seorang dokter. Saya adalah dokter spesialis kulit dan kelamin serta juga menangani estetika,” ungkapnya.

Tidak hanya sebagai dokter, dr. Eche, begitu panggilan akrabnya, pun kini menjadi seorang dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar.

Bagi dr. Eche, menjadi seorang dokter, khususnya dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, memiliki banyak keistimewaan. “Kita bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri dengan penampilannya dan menjadikan kulit lebih sehat,” paparnya.

Dunia kedokteran dikenalkan sang ayah, Prof. Dr. dr. Idrus A. Paturusi Sp.B Sp.OT (K). Sang ayah merupakan seorang dokter ahli bedah tulang (Orthopedi) Indonesia yang juga merupakan Guru Besar ilmu kedokteran dan Rektor Universitas Hasanuddin ke–11. Maka tidak heran jika dr. Eche terinspirasi dari sang ayah. “Tokoh inspirasi saya adalah ayah saya. Saya banyak mencontoh bagaimana beliau memperlakukan pasien,” ujarnya.

 

Menerima Kritik

Menjadi seorang dokter tentu tidak mudah. Terlebih ketika memutuskan menjadi seorang dokter spesialis. Ilmu kedokteran yang selalu berkembang pun menuntut dokter untuk terus belajar dan menambah berbagai ilmu kedokteran terbaru. Namun Ketika seorang dokter mulai membuka praktik, maka tantangan semakin banyak. Karakter dan keinginan pasien yang beragam membuat seorang dokter mampu berkomunikasi secara tepat dan open minded.

“Komunikasi dan open minded merupakan salah satu prinsip hidup saya. Saya juga selalu berusaha menerima kritikan dan mengupdate ilmu kedokteran. Saya juga selalu membina good relationship dengan siapa saja dan memperluas networking,” tegas isteri dari Dr. dr. Muhammad Sakti SpOT.

Dokter cantik kelahiran Kendari, 24 Februari ini, merupakan salah satu dari banyak dokter yang sangat concern dengan kesehatan masyarakat. Maka tidak heran jika sosoknya sering terlihat dalam berbagai program kesehatan, seperti talkshow maupun webinar.

“Saya ingin memberikan edukasi positif untuk para masyarakat bagaimana menjaga pola hidup dan juga membuat kulit lebih sehat. Terlebih di masa pandemi, kita dituntut untuk selalu menjaga pola hidup sehat,” tutur ibu dari Chesa, Athar, dan Humaira.

Selain itu, dr. Eche juga ingin memberikan bukti bahwa wanita pun bisa meraih pendidikan tinggi dan meraih kesuksesan. “Disiplin dan menyebarkan vibes positif,” imbuhnya.

Memperingati hari dokter Nasional, ada secercah harapan yang disematkan dr. Eche. “Sebagai dokter, kami selalu berharap sistem kesehatan bisa terintegrasi sampai ke pelosok desa. Hal ini bisa membuat rakyat Indonesia lebih sehat dan produktif. Indonesia juga masih membutuhkan inovasi agar bisa sejajar dengan negara hebat lainnya,” harap dr. Eche seraya berdoa bagi rekan sejawat untuk stay safe dan healthy always.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *