Anne Sri

Anne Sri Arti (Pengusaha)

Hidup Berarti dengan Berbagi Kebahagiaan

Semangat Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita, berhasil tertanam dalam diri wanita Indonesia masa kini. Para Kartini Modern ini banyak yang menjadi wanita karir dan memiliki prestasi yang membanggakan dan tidak kalah dengan para pria.

Namun kehebatan Kartini Modern adalah dapat menyeimbangkan kehidupan antara seorang wanita karir dan ibu rumah tangga. Sebagai ibu rumah tangga, Kartini Modern dituntut tidak hanya merawat anak dan mengurus suami, tapi juga mendidik anak agar menjadi sosok yang berguna bagi bangsa, negara, dan agama.

Kartini Indonesia masa diakui sudah jauh lebih maju, bernilai dan memiliki peran strategis dibandingkan sebelumnya. Hal ini diakui oleh salah satu sosok Kartini Modern, Anne Sri Arti. “Kartini merupakan simbol perjuangan perubahan persepsi dan mindset masyarakat umum dalam memandang peran dan posisi kaum wanita. Yang asalnya hanya dianggap pelengkap dan pemanis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ternyata peran dan kedudukannya sangat berharga dan bernilai, jauh melebihi ekspektasi mereka,” terangnya.

Hebat dan berkarya. Itulah gambaran bagi sosok Kartini Modern. “Kartini Modern itu sosok wanita Indonesia yang berhasil menyesuaikan diri dengan perkembangan dan kebutuhan zaman. Artinya saat ini, hebat tidak saja dalam wacana dan konsep berpikir. Tetapi juga dalam karyanya di kehidupan nyata. Apalagi memiliki kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan ekonomi negara melalui keterlibatan langsung dalam dunia bisnis,” imbuhnya.

Kartini Modern juga dituntut untuk dapat adil dan seimbang dalam kesehariannya. “Banyak Kartini Modern yang dapat menjadi teladan, dan mereka berhasil membuktikan kesuksesannya di berbagai bidang. Bahkan tidak sedikit sosok Kartini Modern berhasil menduduki posisi penting dan strategis, di tempat di mana kaum pria biasanya mendominasi. Menjadi Kartini bukan hanya hebat sebagai pebisnis saja. Tapi juga harus seimbang dalam membagi waktu sebagai seorang ibu dan istri. Tentu saja tanpa harus mengorbankan salah satunya,” ungkapnya.

Sebagai salah satu Kartini Modern, wanita kelahiran Sukabumi, 09 Januari ini, ingin turut menginspirasi bagi para perempuan Indonesia. Bagi Anne, filosofinya sederhana. “Saya ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi banyak orang, terutama kaum perempuan. Ketika kaum wanita diberi kesempatan dan porsi yang cukup, maka karya dan prestasinya bisa melebihi dan di luar ekspektasi masyarakat secara umum. Bahkan kaum perempuan mampu memberikan sumbangsih bagi pembangunan bangsa ini,” tegasnya.

Wanita Indonesia hampir bisa berperan di semua aspek bidang kehidupan, terutama bidang perekonomian bangsa. “Bahkan posisi yang sangat strategis. Di dunia pertanian pun, di mana pada umumnya kaum wanita biasanya berperan sebagai pelengkap, ternyata mampu menjadi pemimpin atau nahkoda yang sangat berhasil,” tuturnya.

 

Sosok Wanita Pebisnis

Gelar Kartini Modern dibuktikan Anne. Anne merupakan sosok wanita karir dan pebisnis handal dan sukses di bidang pertanian. Anne dikenal banyak meraih berbagai penghargaan bergengsi, mulai dari penghargaan  Class of winner EY Winning Women  sebuah penghargaan bergengsi dari perusahaan konsultan internasional  Ernst & Young yg berkantor pusat di London Inggris, Adhikarya Pangan Nusantara 2012 hingga Top Muslimah Award 2016 dan Wanita Inspiratif Femina & AXA Mandiri 2017.

Anne memang sosok yang sarat prestasi. Tak heran jika selain penghargaan, ia pun mendapat sejumlah kepercayaan dan amanah untuk menjabat di berbagai organisasi, seperti Sekjen IPAI (Ikatan Pengusaha Agribisnis Indonesia), Presiden Pemasar Hasil Pertanian Nasional hingga Sekretaris Jenderal Dewan Serat Indonesia dan Ketua Koperasi Serat Alam Sejahtera Indonesia. Dan Wakil Ketua Umum PPPI (Perkumpulan Perempuan Pemimpin Indonesia ) bidang Agribisnis dan kehutanan, Ketua bidang pendanaan dan Investasi HNSI (Himounan Nelayan Seluruh Indonesia). Selain bersama Rachmat Gobel, ada beberapa perusahaan lain yang dibuat bersama para petinggi negeri ini.

Berangkat dari kepedulian dan keinginan untuk membantu peternak sapi perah mendapatkan penghidupan yang lebih baik, Anne memulai langkah bisnisnya tahun 2009 dengan membuat kelompok peternak sapi perah yang bernama Makmur Agro Satwa. “Tahun 2010 saya membuat program Gerimis Bagus Mandiri (Gerakan Minum Susu Untuk Anak Usia Sekolah Secara Mandiri). Hasilnya terjaring 368 SD di daerah Sukabumi dan Bogor. Dan gerakan ini mendapatkan banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri,” terang Anne yang sedang fokus ke ekspor rempah dan olahan makanan ke beberapa negara, yaitu India, Myanmar, Malaysia, Thailand, Hongkong, Korea, Amerika, dan Jepang.

Tahun 2011, usaha Anne semakin berkembang menjadi GAPOKNAK (Gabungan Kelompok Peternak). Kemudian tahun 2012, menjadi koperasi yang mempunyai unit usaha yang sekarang menjadi sembilan perusahaan kelas menengah, yaitu  PT. Makmur Agro Satwa, PT. Mas Raja Agro Nusantara, PT. Aren Mas Nusantara, PT. Nusantara Raja Makmur, PT. Raja Borneo Indonesia, PT. Sahabat Agrimas Global Lestari, PT. Agrinesia Global Semesta, PT. Masa Depan Teknologi, dan PT. Rajatani Agro Nusantara. Perusahaan terakhir bahkan didirikan bersama pengusaha nasional dan mantan Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel.

Bidang usaha sembilan perusahaan tersebut juga bervariasi. “Ada yang bergerak di On Farm,  Suplier, Florist, Fresh Market, Consulting, Sosial Invesment Program (SIP), dan Pengolahan produk pertanian, peternakan, perkebunan. Ada juga usaha di kafe, catering, pelatihan pertanian dan juga ekspor berbagai produk pertanian, seperti rempah dan beberapa olahan hasil UKM,” jelasnya.

Meski bidang usahanya bervariasi, namun tujuan didirikannya perusahaan tersebut tetaplah sama. “Perusahaan tersebut tetap berorientasi terhadap peningkatan kesejahteraan petani dan peternak melalui kepastian pasar, kepastian harga, dan kepastian pembayaran. Kami juga tetap mendampingi petani dan mengawal proses dari hulu sampai hilir,” tegasnya.

Bagi Anne, kunci sukses dan arti kesuksesan bukan dengan mendapatnya banyak uang. Ada yang lebih berharga dari hal tersebut, yaitu kebahagiaan orang lain. “Bisnis tidak selalu mendapatkan uang, tapi bagaimana bisa memuaskan hati dan memberi dampak besar bagi kesejahteraan banyak orang,” tutur Anne yang terinspirasi dari dukungan suami dan semua pihak yang mengutamakan kesejahteraan orang lain.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *