swam

14 th ISWAM KEMBALI DIGELAR

Indonesia kembali menggelar I-SWAM (International Seminar and Workshop in Aesthetic Medicine) ke-14. Acara ilmiah tahunan di bidang estetik dan anti-aging medicine bertaraf internasional berlangsung pada 1-3 Desember 2023 di ICE BSD, Tangerang.

I-SWAM merupakan bentuk integrasi antara Ilmu Kedokteran Ilmiah di bidang Estetik & Antiaging dengan Industri kesehatan, Welllness Tourism dan Entertainment. I-SWAM berhasil mengundang lebih dari 4000 dokter dari seluruh dunia untuk terlibat dalam kegiatan ilmiah dan salah satu kegiatan unggulan tahun ini adalah fresh cadaver dissection workshop pertama dengan instruktur dr. Mattiew Stefaneli.

DR. Dr. Teguh Tanuwidjaja, M. Biomed (AAM), President i-SWAM, mengungkapkan bahwa I-SWAM ke-14 merupakan event Aesthetic Scientific terbesar di dunia. “Kami bangga dan berterima kasih atas dukungan pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan. Di event ini berkumpulnya ribuan peserta, yaitu dokter umum, dokter Spesialis Bedah Plastik, dan dokter

Spesialis Dermatologi and Venereologi dari berbagai negara, pembicara pakar dari berbagai negara. Adapula ratusan booth peserta pameran, baik industri kategori medis dan kecantikan membuktikan bahwa Indonesia mampu dan berhasil menjadi terdepan di dunia kedokteran estetik dan Antiaging,” jelas Teguh.

I-SWAM ke-14 dibuka secara resmi oleh Menteri Kesehatan. Ir. Budi Gunadi, selaku Menteri Kesehatan. Dalam keynote speech, Menteri Kesehatan menyampaikan dukungan penuh pada dunia kedokteran dan perkembangan estetik di Indonesia, pengembangan ilmu kedokteran lintas disiplin dan terbuka atas kemajuan teknologi terapan masa depan.

Di acara ini juga digelar “Penganugerahan Penghargaan Bagi Para Inovator Kesehatan IHIA VII-2023” oleh kajaran Kementerian Kesehatan Indonesia, Perhimpunan Rumah Sakit, dinas kesehatan provinsi pemenang penghargaan dan berbagai instansi kesehatan terkait. Menteri Kesehatan RI didampingi dr Teguh menyerahkan Penghargaan kepada dr. Teuku Adi Fitrian SpBP (Indonesia Plastic Surgeon), dr. Patrick Huang (Taiwan Dermatologist), dr. Jusuath Moran (Equador Dermatologist), dr. Fabian Perez Riviera (Argentina Plastic Surgeon) atas jasa dan perhatian mereka dalam kemajuan kegiatan ilmiah i-SWAM.

i-SWAM bekerjasama dengan RSUP Prof. dr. I.G.N.G Ngoerah Bali, Fakultas Kedokteran Universitas Kedokteran Udayana Bali, Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Ahmad Yani Bandung, dan berbagai universitas di negara aliansi.

Kesuksesan i-SWAM tentu tak lepas dari dukungan seluruh anggota PERDESTI ( Perhimpunan Dokter Estetik Indonesia) , terdiri dari dokter-dokter yang seminat dalam bidang estetik baik di Indonesia dan telah berkembang di 15 negara yang merupakan aliansi dalam ISAM (International Society of Aesthetic Medicine) dimana DR.dr. Teguh Taniwidjaja MBiomed

AAM sebagai World President ISAM. Tahun ini Annual Meeting ISAM dalam acara i-SWAM dihadiri oleh 11 presidency yakni dr. Hendry Hartono (Indonesia), dr. Carlos Lopez Sanchez (Spanyol), dr. Rosalba Russo (Italia), dr. Mattew Stefanelli (France), dr. Jusueth Moran (Ekuador), dr. Kim Young Kwon (Korea Selatan), dr. Felix Li (Singapura), dr. Patrick Huang (Taiwan), dr. Ungku Mohd. Sahrin (Malaysia), dr. Fabian Perez Rivera (Argentina), dan dr. Christina Muntean (Venezuela).

Dalam kesempatan kali ini seluruh presidency, pembicara, tamu undangan dan peserta dihibur dengan penampilan penyanyi Rossa dan Tompi, juga parade Putri Nusantara Jennifer Calista Miss Aesthetic Indonesia, Cynthia Ong Miss Global Indonesia, Runner Up Putri Nusantara 2023 Mawar Meilala dan Velysia, Finalis Putri Nusantara Sofya dan Cheya.

Dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ISWAM juga menggelar pameran kecantikan, UMKM, dan berbagai pentas seni dan wisata dalam SWAM Beauty Expo yang diisi oleh Putri Nusantara dari Mahakarya Duta Pesona Indonesia, Live demo Make Up Artist oleh MUA ternama Bubah Alfian , SWAM Beauty Photographer Competition dengan bintang tamu Fotografer terkemuka Darwis, Live demo Eyebrow Embroidery, Live demo Lips Embroidery, Live demo Nail Art, Live demo Hair do, Live demo Eyelid, Live demo Eyelash, Make Up Competition & Nail Competition, Fashion Parades, SWAM Beauty Fashion Design Competition, SWAM Beauty bekerjasama dengan KMI (Kreatif Mitra Indokarya). Para pengunjung juga dapat menikmati wisata kuliner nusantara di stand kuliner Jangkrik.

Tags: No tags

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *